Selasa, 25 Agustus 2015

5 Cara Sederhana Ini Mampu Sehatkan Keuanganmu !

keuangan sehat
http://plus.kapanlagi.com/

Masih single tapi gaji langsung ludes, bahkan sebelum tanggal gajian bulan berikutnya ? Pasti ada yang salah dalam mengatur pengeluaran. Keuangan bisa sehat tergantung dari pengaturan cashflow atau arus uang masuk dan keluar. Sebelum semuanya terlambat, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyehatkan keuangan, toh meratapi di kemudian hari tidak ada gunanya bukan ?

a.      Buat anggaran setiap bulan


anggaran keuangan
feathersandbutterflies.wordpress.com


Sebelum gajian, buatlah anggaran pengeluaran. Buat lah pos-pos dimulai dari yang terpenting seperti cicilan, tabungan, kebutuhan bulanan, sisanya baru kalian alokasikan untuk kebutuhan sekunder seperti untuk jalan-jalan, liburan dsb.  Ketika tanggal gajian tiba, kalian tinggal mengisi pos-pos itu sesuai dengan anggaran yang kalian buat.

b.      Paksa diri untuk berinvestasi

tabungan untuk masa depan
http://www.lp2es.com/

Tidak sedikit yang menyepelekan investasi selagi masih single. Padahal justru ketika masih single itulah waktu yang tepat untuk memulai berinvestasi. Investasi itu bisa berupa asuransi jiwa/kesehatan, tabungan berencana atau juga bisa berupa logam mulia. Hal itu tentu akan membantu ketika akan menyelenggarakan pernikahan yang diidam-idamkan nantinya. Dengan memiliki asuransi atau tabungan berencana kalian bisa “dipaksa” setiap bulannya untuk menyisihkan sebagian gaji kalian untuk membayar premi /setoran rutin.  

c.       Aplikasikan “Reward to Myself

Keinginan untuk membeli barang yang tidak terlalu penting pasti muncul ketika sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau sedang berselancar di situs jual beli online.
Berhemat bukan berarti kita harus menekan semua keinginan kita tersebut. Buatlah “reward to myself”, misal sedang ingin ganti sepatu baru. Maka, buatlah mental note semacam “kalau bulan ini target tembus aku mau beli sepatu.” Dengan begitu kita akan memiliki kepuasan tersendiri ketika membeli barang yang diinginkan tersebut. Selain dapat memacu semangat kerja, cara ini juga akan membuat kita lebih selektif dalam mengeluarkan uang. 

d.      Kenali Latte Factor

Dalam sekian banyak kebutuhan kalian, coba kalian buat list yang bisa dibuat latte factor-nya. Latte factor adalah kebutuhan kita yang tidak begitu penting tetapi memiliki substitusi yang lebih murah.
Contoh gampangnya kalian menggunakan merk X untuk parfum kalian. Coba cari parfum yang lebih murah yang wanginya juga tidak jauh beda dengan yang kalian pakai sebelumnya. Dengan mengenali latte factor itu kalian bisa mengalokasikan selisih uang yang kalian dapat itu untuk kepentingan lain. Lumayan kan ?

e.      Terus gali potensi diri

Jangan terpaku dan bergantung hanya dari gaji saja, alangkah baiknya kalau kita bisa mencari sumber pendapatan lain. Mulailah dari hobi dan potensi diri sendiri. Optimalkan hobi dan potensi diri kita yang mampu mendatangkan uang.

Kaya dan sukses itu tidak melulu soal siapa kalian, apa pekerjaan kalian atau seberapa besar gaji kalian tetapi juga tentang bagaimana mengelola keuangan kalian sendiri. Meskipun masih single bukan berarti kita bisa hura-hura dan menghamburkan uang begitu saja. Masa depan kita ada di tangan kita sendiri ya guys !





7 komentar: