Senin, 04 Januari 2016

Geblek, dari Makanan Khas hingga Identitas Diri

selamat datang di Kulon Progo

Geblek [ge;blèk], makanan yang berbahan dasar tepung tapioka itu memang merupakan makanan khas Kabupaten paling barat di Yogyakarta, Kulon Progo. Pembuatan makanan ini pun cukup sederhana, tepung tapioka dikukus setengah matang lalu diuleni bersama bawang putih dan garam kemudian dibentuk seperti cincin, setelahnya digoreng.
geblek mentah siap digoreng

Namun sekarang ini geblek tidak hanya berupa makanan saja. Tetapi juga berupa batik. Loh kok batik ? Iya, di tahun 2012 yang lalu Bupati Kulon Progo menyelenggarakan lomba design motif batik khas Kulon Progo. Dari lomba itu terpilihlah juara dengan motif bernama “Geblek Renteng” (geblek yang bergandeng-gandeng). Motif geblek renteng sendiri memiliki arti bahwa masyarakat Kulon Progo bersatu padu membentuk jalinan yang utuh dan tidak putus, seperti angka delapan.

salah satu seragam sekolah batik geblek renteng

pelajar dengan batik motif geblek renteng


Seiring dengan terpilihnya motif “Geblek Renteng” sebagai motif batik khas Kulon Progo itu, bupati yang kini masih menjabat dari beberapa tahun yang lalu mewajibkan pelajar  dan instansi untuk memakai seragam batik Geblek Renteng. Hal itu tentu berdampak positif untuk perajin batik lokal di Kulon Progo
.

kursi halte dengan hiasan geblek


bangku di alun-alun wates dengan hiasan geblek


Tidak hanya sampai di situ saja, “geblek” banyak menghiasi sudut-sudut kota di Kulon Progo. Mulai dari pot bunga di sepanjang jalan protokol, kursi taman, halte. Geblek kini bukan hanya menjadi makanan khas saja, akan tetapi juga menjadi identitas untuk Kabupaten Kulon Progo. 

10 komentar:

  1. Ditempat saya (malang selatan) juga ada geblek....dari singkong juga,warnanya merah,putih sm hitam...tapi saya ga tau cara bikinnya gmn...padahal makanan favorit saya juga itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh...di malang gebleknya colorful ya :)

      Hapus
  2. reportasenya menarik, suka foto-fotonya :)

    BalasHapus
  3. Kapan2... kau hrs traktir aq ini Sep Tea.... Salam Rumpies!

    BalasHapus
  4. pengen nyoba makanan khas Kulon Progo,,enak banget kelihatannya
    kalau ke jogja jangan lupa kunjungi kami Rental Mobil Jogja

    BalasHapus