Jumat, 08 September 2017

Berbunga-bunga di Taman Begonia

no need caption


Ini sebenarnya trip lanjutan setelah dari Observatorium Bosscha. Jadi setelah turun dan sampai lagi di jalan raya Lembang, saya kembali menyetop angkot Stasiun Hall-Lembang untuk menuju tujuan selanjutnya. Tempat ini letaknya lebih ke atas lagi dari Bosscha, jadi jangan salah nyetop angkot ya. Turunnya di pasar Lembang. Untuk ongkosnya dari Bosscha sampai pasar Lembang  5 ribu rupiah. Dari pasar Lembang bisa naik ojek atau kalau lagi nggak buru-buru bisa naik delman. Kalau naik ojek saya sarankan turunnya di perempatan sebelum pasar Lembang, soalnya Babang ojeknya banyak yang mangkal di situ daripada di depan pasar. Kalau ojek mah ongkosnya pinter-pinteran nawar aja sama babangnya.
itu cangkang telur dinosaurus kali ya


Dan akhirnya sampai di taman Begonia. Yup...tujuan setelah dari Bosscha adalah Taman Begonia. Sebelum masuk, kita diharuskan membeli tiket dulu. 10 ribu per orangnya. Nanti sama petugasnya akan diberi gelang kertas sebagai tiketnya. Ohiya, untuk kamera DSLR ada biaya tambahan sebesar 50 ribu. Kalau cuma kamera HP sih gratis.
Tidak jauh dari pintu masuk ada tumpukan topi dari jerami yang bisa dipakai selama berada di taman ini. Gratis, tidak perlu biaya sewa. Bisa sebagai penangkal panas sekaligus senjata penunjang buat foto selfie kan?
hampir semua pengunjung memakai topi jerami, biar makin ketje

duduk berdua jejer sama si maung boleh juga

Bunga yang menjadi andalan di tempat ini adalah Balinea, yaitu begonia yang berasal dari Bali. Namun selain Balinea ada juga jenis bunga lain seperti bunga celosia, bunga geranium, bunga impatiens dan bunga lain yang tidak kalah indah dan warna-warni. Selain bunga yang warna-warni, banyak spot foto yang menarik yang sengaja dibuat di taman ini. Jadi nggak perlu khawatir kehabisan gaya untuk berfoto di sini.

patung ayam dikelilingi bunga celosia
cantiknya bunga impatiens

Selain bunga, di Taman Begonia ini juga ada tanaman sayur seperti tomat, terong ungu, terong hijau, brokoli, selada. Pengunjung bisa memetik langsung jika mau, nanti tinggal itung belakangan. Kalau ada yang tertarik ingin membawa pulang bunga Balinea juga bisa. Harganya kalau tidak salah 20 ribu per pot nya. Taman ini buka dari jam 8 sampai jam 5 sore dan sudah dilengkapi dengan tempat makan dan mushola.

lupa, itu yang ungu bunga apa?

Ada tempat wisata lain yang searah dengan taman Begonia ini, yakni De Ranch. Letaknya justru sebelum taman Begonia, tidak jauh dari perempatan sebelum pasar Lembang. Ada di sebelah kiri jalan. Jadi kalau ada yang mau sekalian mampir ke de Ranch bisa juga tuh. Kalau diurutin dari bawah, Farm House, Observatorium Bosscha, De Ranch, Taman Begonia. Keempat tempat wisata itu tempatnya tidak berjauhan jadi bisa sekalian kalau main ke Lembang. Hanya saja perlu disesuaikan waktunya.

Jadi kemana lagi enaknya ya...


Note : sebelumnya di post di Kompasiana




2 komentar: