Kamis, 09 April 2015

Landmark Baru Kulon Progo

Kulon Progo, merupakan kabupaten terbarat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Mungkin bisa dibilang Kulon Progo merupakan kabupaten terlengkap secara geografis dibanding kabupaten lainnya. Hal ini  karena terbentang dari pegunungan Menoreh hingga Pantai Selatan. 
Kabupaten yang memiliki 12 kecamatan ini beribukota di Wates. 

Landmark Kulon Progo adalah Patung Nyi Ageng Serang yang berada di atas beton persegi panjang dengan warna patung hitam. Di bawah patung terdapat relief yang menceritakan perjuangan masyarakat Kulon Progo pada jamannya dalam menghadapi penjajah. 

http://novia-yogyakarta.blogspot.com/
Sejak tahun baru 2015 kemarin, Kulon Progo memiliki landmark baru. Patung Nyi Ageng Serang di revitalisasi. Meskipun masih tetap berupa patung Nyi Ageng Serang yang menunggangi kuda dengan membawa bendera, terdapat beberapa perbedaan yang mencolok.
dok. pribadi


Bisa dibandingkan perbedaannya, patung yang baru berwarna putih dan ukurannya pun lebih kecil dibandingkan patung yang lama. Lalu penyangga patung berupa beton persegi digantikan dengan tiang dan secara ukuran tinggi lebih tinggi dibandingkan yang lama.

Di bawah patung terdapat cawan sebagai pijakan patung kuda. Dibawah cawan terdapat lukisan batik khas Kulon Progo, yakni batik geblek renteng. Di pangkal beton penyangga terdapat kolam yang di pinggirnya melingkar tulisan  MONUMEN NYI AGENG SERANG. 

Menurut saya pribadi yang disayangkan dalam revitalisasi monumen yang menajdi ikon kabupaten ini adalah hilangnya relief pada monumen lama yang tidak ada di monumen baru. Ukuran patung yan lebih kecil dan tinggi justru hanya bisa terlihat dari kejauhan saja. Banyak orang yang melintas dengan bis atau pun mobil pribadi justru tidak melihat patung Nyi Ageng Serang yang sedang menunggang kuda tersebut, mereka hanya sebatas melihat beton putih yang menjulang ketika melintas di dekat monumen itu. 

Apapun alasannya, semoga saja revitalisasi ini berdampak baik bagi kemajuan kabupaten ini. 


4 komentar:

  1. Hehe, kirain Nyi Ageng Serang itu asalnya dari Jawa Barat. Ternyata... #malu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehhe...... asal jangan tutupan panci ya ams Ryan :D

      Hapus
  2. Cuma pernah lewat pinggirannya thok dikit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuuhhh kok ga mampir tempatku toh Tant,,,

      Hapus