Selasa, 07 Juli 2015

12 Singkatan Paling Hits di Jogja

www.megaswara.co.id

Seperti halnya kota-kota lain, Jogja juga punya beberapa singkatan yang mungkin hanya orang Jogja atau orang yang pernah ke Jogja saja yang mengetahuinya. Apa saja kira-kira singkatan itu? Dan apakah sudah familiar dengan singkatan-singkatan itu ? Kalau saya sih iyes, tapi ga tau kalau sampeyan .......



1. JAKAL

Jakal merupakan singkatan nama salah satu jalan di Jogja, yakni JAlan KALiurang. Jalan ini menghubungkan Kota Jogja dan Kaliurang.

2. JAMAL

Setelah mendengetahui Jakal adalah singkatan dari Jalan Kaliurang, pasti banyak yang mengira bahwa Jamal merupakan singkatan dari Jalan Malioboro, padahal Jamal adalah singkatan untuk JAlan MAgeLang. Jalan ini tentunya menghubungkan Kota Jogja dan Magelang.


3. ALTAR dan ALKID


Alkid /http://yogyakarta.panduanwisata.id/


Seperti kebanyakan kota lain yang juga memiliki alun-alun, maka Jogja sebagai Kota Keraton memiliki dua alun-alun, yakni alun -alun utara (ALTAR) dan alun-alun kidul (ALKID).

altar/ http://tataruangpertanahan.com/


4. CONCAT

Kalau orang yang belum pernah mendengar singkatan ini mungkin akan mengira nama hewan, seperti tomcat atau malah kutu loncat :D. CONCAT sendiri  adalah nama daerah di sebelah utara Jogja, yakni Condong Catur.

5. SGPC

Nahh kalau yang ini singkatannya bisa bikin kenyang. SGPC adalah singkatan dari SEGO PECEL.
Warung/ tempat makan yang menjual menu ini biasanya akan menuliskan SGPC di menunya. Kalau mau coba saja datang di sebelah utara Fakultas Kehutanan UGM, di situ banyak penjual SGPC.

4. PRAMEKS


solopos.com


Yang satu ini merupakan kereta lokal yang menghubungkan 3 kota, yakni SOLO, JOGJA, dan KUTOARJO. Tapi kabarnya sekarang PRAMEKS sudah sampai Prembun. Yeay.... PRAMEKS adalah Prambanan Ekspres.

5. SARKEM

Hemm...sebenarnya SARKEM adalah nama jalan di Jogja, yakni jalan PASAR KEMBANG. lokasinya berada tepat di sisi selatan stasiun TUGU. Dulu kawasan itu pernah menjadi deretan penjual bunga(kembang) segar, namun sekrang berubah menjadi deretan hotel, losmen dan penginapan.

6. JOKTENG


kanaljogja.com


Jogja yang dulu merupakan kerjaan, sekarang masih sih ya. Memiliki beteng sebagai perlindungan. Sampai sekarang benteng itu masih ada, itulah kenapa ada istilah JOKTENG yakni Pojok Beteng. Jokteng Kulon untuk pojok beteng sebelah barat dan Jokteng wetan untuk Pojok beteng sebelah timur.

7. KR

KR merupakan koran lokal yang pertama ada di Jogja, yakni Kedaulatan Rakyat.

8. TAMSIS

TAMSIS adalah nama salah satu universitas swasta di Jogja yakni Univ. SarjanaWiyata Taman Siswa. Selain itu juga nama Jalan, yakni Jalan Taman Siswa.

9. PARIS

wisatamurahjogja.com

Siapa yang tidak tahu PANTAI PARANGTRITIS ? Masyarakat Jogja sering menyebut pantai ini dengan PARIS.

10. JAIM 

Kalau kata anak gaul sekarang JAIM itu jaga image maka di Jogja juga ada JAIM yakni,  Jalan Imogiri, menuju Imogiri, Bantul.

11. JAWON

JAWON adalah Jalan Wonosari, yakni jalan penghubung Jogja menuju Wonosari,Gunung Kidul.


12. MONJALI

Monjali adalah nama sebuah tempat wisata. MONUMEN JOGJA KEMBALI. Di dalam monumen yang berbentuk kerucut ini kita bisa belajar sejarah.


Yahh sekiranya itu saja yang saya tulisankan...kalau ada yang menambahi monggo lho ya....




11 komentar:

  1. informatif mbak, blog nya makin keren nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya bu..kemarin abis dioprek makasih ya bu.

      Hapus
  2. Diantara semuanya SARKEM paling popular di seantero dunia......hitam. Hihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahha hooh bu'e....
      makane sik putih putih ae lah..ojo sik ireng..nda ra ketok..

      Hapus
  3. Tamsis di Lampung sih taman siswa juga mbak, sama sekolah juga. heheheh

    BalasHapus
  4. Kirimin SGPC-nya dong, barter sama tahu aci :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha siaappp ! satu kontainer ya mas

      Hapus