Jumat, 10 Juli 2015

Ketagihan Bukber di Angkringan

m.tribunnews.com

Momen bulan puasa pasti identik dengan BUKBER atau Buka Bersama. Entah itu bersama teman kerja, satu komunitas atau teman sekolah. Begitu juga dengan tempat kerja saya, dari awal puasa sudah ribut merencanakan buka bersama.

Setelah pilih sana sini tempat makan yang akan dijadikan lokasi buka bersama, terpilihlah Angkringan Pendopo Ndalem sebagai tempatnya. Kebetulan beberapa teman yang bukan berasal dari Jogja belum pernah ke sana. Jadi ini pilihan tepat, selain karena tanggal yang tidak memungkinkan untuk pergi ke tempat yang mahal. :D



Angkringan ini terletak di Jalan Sompilan, Jogja, dekat dengan Pasar Ngasem. Menu apa saja yang tersaji di sana? Jujur,  yang membuat saya ngiler adalah jajanan pasarnya yang digelar dengan banyak macamnya. Clorot, kueku, onde-onde, serabi, pudding, klepon, kicak, kipow, tahu bakso(tahu aci), pie buah dan banyak lagi.
kicak

Untuk nasi bisa pilih nasi bakar dan nasi kucing, nasi kucing kalau tidak salah ada dua macam, lauk oseng tempe atau sambel tongkol. Ada juga nasi goreng dan bakmi goreng jika ingin yang lebih banyak porsinya. Selain itu lauk seperti sate udang, sate brutu, sate ayam, sate ati rempelo, otak-otak juga ada. Pecel dan nasi rames (nasi sayur) juga tidak ketinggalan.



Untuk minuman juga beragam, mulai dari wedang jahe, bledhuk, suduk, kunir asem, bajigur, ronde, leser jawa, teh rempah.
suduk


otak-otak, sate ayam, tahu bakso, sate buah, kueku

Suasana pendopo yang homey membuat betah untuk berlama-lama di sana. Beberapa teman yang saya ajak ke sana malah sempat kebingungan memilih makanannya karena semua makanan terpampang di depan mata.
nasi kucing ikan tongkol


Keesokan harinya, salah satu teman mengajak untuk bukber ke Angkringan itu lagi, karena masih penasaran dengan beberapa makanan yang belum dicoba kemarin malam. Hal itu ternyata ditanggapi beberapa teman lain yang juga ternyata masih penasaran juga.

Dari hasil penasaran itu kemarin sore saya dan teman-teman kembali buka bersama di Angkringan Pendopo Ndalem untuk yang kedua kalinya.

Dari kantor beberapa teman malah sudah browsing menu-menu apa saja yang ada di Angkringan Pendopo Ndalem sambil mengingat-ingat makanan apa yang sudah di pesan sbelumnya sehingga kemarin tidak akan mengambil makanan itu agar bisa dialokasikan untuk makanan lain.

Ah…. Jogja memang istimewa, makanan di angkringan saja bisa membuat orang penasaran.



10 komentar:

  1. Nti kapan2 kalau eike ke Jogja anterin ya mbakyu....
    BTW itu makanan dari jaman nenekku ada semua dan bikin ngiler penampakannyaaaa....
    Kau sungguh terlalu!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. akakakaka...aseekk siap sedia kalau aku mah bu'e..sik penting ditraktir toh ?..
      huum kok bu'e..aku aja bingung mau makan yg mana =D

      Hapus
  2. Salah buka blog nih, jam segini kok ya baca posting tentang makanan :D

    BalasHapus
  3. Karena membaca angkringan jadi penasaran ya mas Ryan

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. susu bleduk...jadi kek susu rempah tapi porsi kecil....kalo yg porsi gede susu gajah

      Hapus
  5. Salam mba septi, Taqaballahu minna wa minkum dan mohon maaf lahir batin ya, maklum lare enom kathah lali lan lupute :D
    Pesanan dondurma sampeyan udah aku post di blog tuh, jika kurang puas searching di yutub banyak kok hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiiihhh *protes dulu* kulo luwih enom nggih kathah lepate..nyuwun agunging pangaksami nggih mas..

      siap meluncurrr

      Hapus